Cara Cek Kerusakan Power Supply Tanpa Moterboard Komputer

Cara cek kerusakan Power Supply (PSU) tanpa memakai Motherboard - Berawal dari matinya komputer secara tiba-tiba dan dinyalakan lagi dengan menekan tombol power on/ off tidak nyala. Yang ada kipas komputer mutar sebentar dan mati lagi, sudah mencoba melepas semua komponen komputer dan dipasang lagi namun alhasil nihil.

Ada 2 kemungkikan diantaranya adalaah Power Supply yang rusak dan Motherboardnya yang kebakar. Untuk mengecek keduanya tidak ada alat yaitu PSU dan Motherboard. Mau beli gres takut salah yang rusak PSU atau Motherboardnya.

Tahukah Anda ternyata mengecek kerusakan Power Supply sanggup dilakukan tanpa Motherboard lho, yang diharapkan hanyalah kabe, kawat, dan atau jumper untuk menghubungkan pin warna hijau dan hitam pada konektor pin 20 yang terhubung ke Motherboard.

Cara Cek Kerusakan Power Supply Tanpa Moterboard Komputer:
1. Siapkan power supply yang akan dicek
2. Siapkan kabel atau kawat, sanggup juga jumper
3. Cari kabel yang berwarna hijau dan hitam, lalu hubungkan dengan memakai kawat tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan sanggup lihat gambar dibawah ini
Gambar nyata 

Gambar visual

4. Colokkan kabel powernya ke listrik
5. Perhatikan kipas Power Supply, jikalau berputar berarti Power Supply hidup. Kalau berputarnya tidak normal atau tidak berputar sama sekali berarti rusak.

Mengenali Ciri-Ciri Power Supply Mulai Rusak:
1. Komputer sering Hang sendiri
2. USB port menjadi tidak berfungsi
3. Kadang-kadang komputer restart sendiri
4. Komputer nyala tampil di monitor tapi harddisk tidak terdeteksi di BIOS.

Baca: Pengertian 80 Plus, Bronze, Silver, Gold, dan Modular Pada Power Suply (PSU) 

Power Supply ialah komponen komputer yang berfungsi menyalurkan daya ke masing-masing komponen ibarat .otherboard, VGA Card, Harddisk, Optical Driver, Kipas Komputer, dan lain sebagainya. Kaprikornus Power Supply memegang peranan penting untuk keawatan komputer Anda, pastikan dikala membeli Power Supply yang mendapat akta 80 plus.

Power Supply merek populer tidak menjamin sanggup awer ibarat pengalaman Admin yang memakai Hexa 500 watt, pemakaian 1, 5 tahun sudah rusak. Bila beruntung membeli yang murahan juga awet. Namun pastinya bila membeli Power Supply manis efisiensi daya yang tersalurkan ke komponen komputer benar-benar faktual sesuai konsumsi daya komponen.

Baca: Cara Cek Power Supply Telah Mendapatkan Sertifikat 80+ Resmi Atau Belum

Informasi selengkapnya silahkan Anda lihat pada video Youtube berikut ini

0 Response to "Cara Cek Kerusakan Power Supply Tanpa Moterboard Komputer"

Posting Komentar