Mengenal Perbedaan Memory Ram Ddr Dan Sodim

Random Access Memory atau yang disingkat RAM yaitu salah satu komponen komputer yang fungsinya menyimpan data sementara sesuai aktivitas yang dijalankan dalam komputer tersebut. Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat komputer memproses data.

Di pasaran komputer ketika ini tersedia dua jenis RAM yaitu DDR dan SODIM. Yang termasuk DDR yaitu RAM DDR3 dan DDR4. Yang menjadi pertanyaan apa perbedaan RAM DDR dan SODIM? berikut ini penjelasannya.

# Perbedaan RAM DDR dan RAM SODIM
Kalau berdasarkan fungsinya DDR dan SODIM itu sama, yang membedakan terletak pada kegunaanya. RAM DDR cenderung dipakai pada komputer desktop, sedangkan RAM SODIM untuk Laptop/ Netbook. Antara DDR dan SODIM mempunyai ukuran yang berbeda, dimana DDR lebih panjang dan SODIM lebih pendek.
RAM DDR 3

RAM SODIM

# Jenis-Jenis RAM dari Masa ke Masa

1. SDRAM 
SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) RAM jenis ini mempunyai kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM yaitu 168 pin. Bentuk SD RAM yaitu Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz. 

2. DDR
Doule Data Rate (DDR) SDRAM (sering disebut DDR1), dengan data transfer 64 bits, DDR SDRAM memakai DIMM 184 pin. DDR SDRAM memperlihatkan transfer rate sebesar : memory bus clock rate x 2 x 64 / 8. Jika frekuensi bus 100 MHz, berarti maksimum kecepatan transfer datanya yaitu (100x2x64) /8, yaitu 1600 MB perdetik. 

3. DDR2
DDR 2 SDRAM, Merupakan kelanjutan dari teknologi DDR SDRAM. Diperkenalkan pertama kali pada kwartal kedua tahun 2003, lalu pada selesai tahun 2004 DDR2 mulai menggantikan standar DDR1. Tidak menyerupai DDR SDRAM, DDR2 memakai DIMM 240 pin, dan tidak kompatibel dengan DDR SDRAM yang memakai 184 pin. 

4. DDR3
DDR3 SDRAM, merupakan pengembangan lanjutan dari DDR2, dimana laba utama dari DDR3 yaitu mempunyai kemampuan transfer data dua kali lebih cepat dari DDR2. DDR3 mengkonsumsi daya 30% lebih irit dari DDR2, hanya 1.5 V (DDR2 1.8V, DDR1 2.5 V). Pasokan daya 1.5 V, bekerja dengan baik dengan teknologi 90 nanometer. 

5. DDR4
DDR4 SDRAM, merupakan pengembangan dari seri sebekumnya yaitu DDR3. Ukuran DDR4 sama menyerupai DDR3, tapi sedikit lebih tinggi 0,9mm. Perbedaan DDR 3 dan DDR4 yaitu bentuk fisik pin. DDR4 mengunakan 288 pin dan DDR3 240 pin. Dan lubang pin pada slot memory tentu berbeda dan pin sedikit berada ke tengah. 

DDR4 dimulai dari 2133Mhz. Kecepatan tersebut yaitu batas tertinggi dari DDR3. Nantinya DDR4 mungkin diteruskan hingga 3200Mhz. Chip DDR4 mempunyai kerapatan lebih besar, mencapai 16Gb atau 2Gb perchip. 2 kali lebih banyak kapasitas RAM dibanding DDR3.
Kedepan, DDR4 RAM sanggup dimulai dari memory 16GB permodule, dan terbesar sanggup mencapai 64GB untuk kelas server computer.

5. SODIM
SODIMM itu "Small outline Dual Inline Memory Module" sama saja fungsi dan kinerjanya dengan memori PC biasa, ada DDR1, DDR2 dan DDR3 juga, hanya saja memori jenis ini hanya diperuntukan bagi laptop/notebook. Secara fisik beliau lebih kecil dari memori PC biasa.

Masalah untuk jenis apa itu tergantung dari proteksi colokan memori di mobo, alasannya setiap generasi memori mempunyai colokan pin memori yang berbeda (DIMM pin), mis memori DDR2 tidak bisa di pasang di mobo DDR3, atau sebaliknya. Kalau performa tentu keluaran generasi terakhir yang lebih baik (DDR3).
Related Posts