Memahami Fungsi Dan Cara Kerja Ram Komputer

Setiap komputer baik itu PC dan Laptop niscaya mempunyai RAM (Random Access Memory). Kebanyakan orang lebih suka menyebutnya Memory. Hardware ini berfungsi menyimpan data sementara dari perintah komputer. Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat pula menyimpan data, sedangkan bila RAM kecil dan banyak membuka aplikasi maka komputer menjadi lemot dan hang.

Bentuk fisik dari RAM itu sendiri persegi panjang tipis dan pemasangannya diletakkan pada slot RAM di Motherboard. Supaya Anda paham bagimana fungsi dan cara kerja RAM komputer, berikut ini penjelasannya.

# Fungsi RAM
Yang disebut memory pada PC, bekerjsama mengacu pada RAM (Random Access Memory). Sebuah komputer membutuhkan RAM untuk menyimpan data dan kode yang diharapkan untuk menuntaskan sebuah perintah (task). Data ataupun kode yang tersedia pada RAM memungkinkan processor atau CPU (Central Processing Unit) untuk mengaksesnya dengan cepat.

Saat CPU membuka sebuah aktivitas aplikasi dari harddisk-seperti word processing, spreadsheet, ataupun game-ia akan me-loading-nya ke memory. Hal ini memungkinkan aplikasi bekerja lebih cepat dibandingkan harus mengakses eksklusif ke harddisk yang memang jauh lebih lambat. Sebab harddisk memang bertugas sebagai storage data, bukan sebagai memory.

Baca: Mengenal Jenis-Jenis RAM (Random Access Memory) Komputer

Dengan mengakses data ataupun aplikasi yang tersedia di RAM, mempercepat PC Anda dalam menuntaskan tugasnya. Analogi sederhana untuk mengerti hal ini, lebih gampang jikalau mengambil pada kegiatan aktual dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada lingkungan kerja. Di mana ada meja kerja, dan sebuah lemari arsip. Lemari arsip sanggup diandaikan layaknya harddisk, di mana tersedia berkas-berkas dan isu yang dibutuhkan.

Saat mulai bekerja, berkas-berkas isu akan dikeluarkan dari dalam lemari ke meja kerja. Ini untuk memudahkan dan mempercepat susukan ke isu yang dibutuhkan. Maka, meja kerja sanggup dianalogikan sebagai memory pada PC.

# Cara Kerja RAM
RAM merupakan memori yang sanggup dibaca dan ditulis. RAM biasanya dipakai untuk menyimpan data atau sering disebut dengan memori data dikala aktivitas bekerja. Data yang ada pada RAM akan hilang bila datu daya dari RAM dimatikan sehingga RAM hanya sanggup dipakai untuk menyimpail data sementara. Sedangakan pendapat berbeda dari pengertian RAM adalah merupakan memory penyimpanan data yang isinya sanggup diubah atau dihapus. Ram biasanya berisi data­-data variabel dan register. Data yang tersimpan pada RAM bersifat hilang (volatile) jikalau catu daya yang terhubung padanya diputuskan atau dimatikan.

Teknologi RAM sanggup dibagi menjadi dua, adalah statik dan dinamik. RAM dinamik tersusun oleh sel-sel yang menyimpan data sebagai muatan listrik pada kapasitor. Ada tidaknya muatan dalam bilangan biner 1 atau 0. Oleh sebab itu kapasitor mempunyai kecenderungan alami untuk mengosongkan muatan, RAM dinamik memerlukan pengisian muatan secara periodik untuk memelihara penyimpanan data. Pada RAM statik, nilai biner disimpan memakai konfigurasi gatc logika flip-flop. RAM menyimpan data selama anutan daya diberikan padanya.

0 Response to "Memahami Fungsi Dan Cara Kerja Ram Komputer"

Posting Komentar